Berdayakan Pembudidaya Lele Gelar Pelatihan Hasil Perikanan

 

Alpatil – Partisipasi Kedai Elele dalam merayakan kemerdekaan RI ke 73 tahun diapresiasi Pemkot Malang. Kepala Dinas Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Pemkot Malang Sri Winarni mengacungkan jempol atas partisipasi Kedai Elele yang sudah menyelenggarakan lomba foto Gemar Makan Ikan (Gemarikan).

Apresiasi itu disampaikan Sri Winarni saat membuka Pelatihan Hasil Perikanan di Swalayan Ikan Jalan Sarangan, Lowokwaru, Kota Malang, Rabu (28/8/2018). Dia menyampaikan terima kasih atas penyelenggaraan lomba foto gemarikan. Selain itu dia juga mengapresiasi kehadiran Kedai Elele yang menyajikan olahan ikan lele.

Berikuti videonya

 

Pelatihan Hasil Perikanan digelar oleh Bidang Perikanan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Pemkot Malang selama tiga hari, Rabu-Kamis (28-30/8/2018). Pelatihan diikuti 40 peserta dari pembudidaya ikan tawar, pengolah ikan tawar maupun laut di 5 kecamatan se-Kota Malang.

Salah satu pesertanya adalah adalah A. Yahya, pemilik usaha budi daya ikan lele kolam terpal bioflok Alpatil di Merjosari, Lowokwaru, Malang. Pria yang akrab dipanggil Yayak ini memiliki 10 kolam terpal bioflok, masing-masing berdiameter 2 meter. Populasi setiap kolam Alpatil sekitar 3 ribu ekor. Alpatil bergabung dengan komunitas Apik Malang dan menjadi binaan Bidang Perikanan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Pemkot Malang.

Video kolam lele Alpatil

Pelatihan di hari pertama meliputi pemilihan bahan ikan olahan yang sehat dan layak dikonsumsi. Sanitasi higinitas pengolahan hasil perikanan, pengunaan food aditif dalam pengolahan pangan. Selain itu juga perhitungan untung rugi usaha olahan ikan, hingga strategi pemasaran online.

Memasuki hari kedua, praktik pengolahan pangan ikan lele dan gurami, dan diversifikasi produk olahan. Beragam jenis diversifikasi produk yang dipraktikkan untuk jenis ikan lele. Di antaranya stick lele, kripik lele, nugget lele, sosis lele, otak-otak lele, hingga siomay lele.

Saat pengolahan ini, peserta juga diajak praktik langsung teknik mengemas yang higinis serta mendesain kemasan. Ragam aneka olahan yang sudah dibuat peserta pelatihan itupun dikemas dalam kemasan yang sudah disiapkan oleh panitia.

Pada hari ketiga pelatihan, peserta diajak studi tiru pada usaha pengolahan lele Aneka Olahan Lele Matrix di Kabupaten Jember. Dalam studi tiru ini, peserta melihat langsung kolam budi daya lele, proses pengolahan hingga pengemasan. Menutup rangkaian Pelatihan Hasil Perikanan, peserta diajak menikmati salah satu objek wisata di Jember, Teluk Love di pantai Payangan Jember. (*) google-site-verification: google04158ca4e31419cf.html

 

logo kedai elele pengembangan usaha dari kolam lele terpal bioflok alpatil di lapangan plaza merjosari kota malang, ikan lele sehat beserta olahannya seperti krupuk lele, stick lele, abon lele hingga kripik lele disajikan di kedai elele

logo kedai elele pengembangan usaha dari kolam lele terpal bioflok alpatil di lapangan plaza merjosari kota malang